Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

cari tahu apa itu MTA,SMTP, dan POP3 dalam Email

 di dunia internet kita bisa mudah membuat sebuah surat lalu dikirimkan ke pengguna tanpa menunggu lama surat akan langsung bisa di terima, karena teknologi kita dapat mempermudah komunikasi seperti halnya email.

Tahukah anda email yang sering kita pakai ada kesamaan seperti halnya mengirim surat pada umumnya. tentunya adanya kesamaan ini dapat mempermudah cara pengenalan email bagaimana caranya sebuah email dikirimkan dari sebuah server ke server lain


 Dalam artikel ini kami akan cari tau apa itu MTA,SMTP, POP3, dan IMAP dalam Email beserta cara kerja email.Dalam keseharian kita dapat mengirim email secara gratis menggunakan email google yaitu gmail ataupun email server yang lain seperti Yahoo, Hotmail, Aol dan masih banyak email server gratis yang lain.

Ketika kamu mengirimkan sebuah surat ke seseorang yang berbeda kota yang kita akan lakukan adalah menuliskan surat menggunakan kertas, lalu memasukannya kedalam sebuah amplop, kenapa harus memasukan kedalam amplop ? karena akan melindungi isi dalam surat tersebut sampai surat tersebut di terima oleh penerima surat. tentu saja kita juga harus menuliskan alamat tujuan dan alamat kita sebagai pengirim pada amplop tersebut, agar surat kita dapat dikirim dengan bener oleh pak POS.

Lanjut ke email. demikian Mail server juga sama halnya dengan yang dibahas tadi. Mail Transfer Agent atau disingkat MTA bertugas seperti pak pos tersebut, yaitu mengirimkan sebuat email sesuai dengan akamat tujuan, dimana email tersebut dikirimkan dari satu tempat ke tempat lain. Untuk tahapan kita agar dapat mengirimkan email adalah sebagai berikut :

Menuliskan isi surat (baik itu surat kosong atau berisi, sifatnya wajib)

  • Menuliskan alamat tujuan surat pada amplop surat (wajib)
  • Menuliskan alamat kita sebagai pengirim pada amplop surat (wajib)
  • Menuliskan alamat yang dituju pada kertas isi surat, bukan pada amplop surat (opsional)
  • Menuliskan alamat kita sebagai pengirim pada kertas isi surat, bukan pada amplop surat (opsional)
  • Menuliskan alamat tembusan (opsional)
  • dll

Apa Itu SMTP?

Simple Mail Transfer Protocol atau SMTP adalah suatu protokol untuk berkomunikasi dengan server guna mengirimkan email dari lokal email ke server, sebelum akhirnya dikirimkan ke server email penerima. Proses ini dikontrol dengan Mail Transfer Agent (MTA) yang ada dalam server email Anda.

agar lebih mudah memahami kita dapat analogikan sebagai Kantor Pos. yang akan mengirimkan sebuah surat untuk seseorang. dan yang akan mengirimkan surat tersebut adalah MTA.

Port SMTP Default

  • Port 25 –  Port tanpa dienkripsi
  • Port 426 – Port SSL/TLS, nama lainnya SMTPS

Cara Kerja SMTP

Kita mulai dari pembahasan TCP adalah (Transmission Control Protocol)

Yang akan dilakukan TCP adalah membagi pesan ke dalam bentuk beberapa paket yang akan di transfer ke dalam internet, selanjutnya paket yang sudah dikirim dan mencapai tujuan, TCP akan menyatukan semua kembali paket tersebut seperti semula.

Dalam proses pengiriman e-mail, TCP akan berkolaborasi dengen Internet Protocol (IP). agar sebuah paket yang dibagi tadi tertuju kepada alamat yang benar. dan jadilah protokol TCP/IP yang kita sebut.

Cara kerja dari kedua protokol ini bisa Kita lihat dari proses komunikasi antara Browser Web yangkita gunakan dengan server Web yang kita tuju. Selain itu, kedunya juga digunakan oleh banyak orang guna mengirim chatting online, game online, dan e-mail

Jadi ada keterkaitan antara TCP/IP dengan SMTP. dimana SMTP adalah sebuah alat komunikasi berbentuk protokol yang beroperasi untuk menghubukan antara Pengirim email, server email, dan penerima surat email, selanjutnya agar email dapat digunakan kita memerlukan yang namanya email client.

email client yang merupakan aplikasi komputer yang dimana kita bisa membuka sebuah email yang dikirim, mengelola, ataupun membalas email yang dikirimkan seseorang ke dalam email kita.

Kemudian saat kita membuat email kita harus dapat mengisi alamat tujuan dengan benar. Apabila alamat yang dituju telah terindentifikasi sesuai dengan email yang kita buat, maka e-mail tersebut akan langsung dikirim  ke alamat tujuan.

Kemudian bila e-mail telah terkirim, maka si pengirim akan mendapatakan pemberitahuan dari server tersebut. Bila alamat tidak sesuai, maka si pengirim juga akan mendapatkan pemberitahuan tersebut dan e-mail akan berhenti di server dan kembali kepada si pengirim.

Manfaat dari SMTP

SMTP ini juga mengandung beberapa manfaat, seperti:

  1. SMTP dapat mengirim surat elektronik dengan bekerja secara efisien.

  2. SMTP bisa digunakan untuk saling kirim email dari satu proses ke proses yang berada dalam jaringan yang sama atau kepada jaringan lain.

  3. SMTP adalah sebuah perangkat yang dapat menjamin e-mail terkirim kepada alamat yang sesuai. Karena, bila tujuan alamat keliru, maka SMTP akan mengembalikan e-mail tersebut kepada pengirim. Kedua aktivitas tersebut juga dilengkapi dengan notifikasi yang menjadi bagian dari cara kerja protokol ini.

Pengertian POP3

POP3 (Post Office Protocol 3) adalah versi terbaru dari protokol standar untuk menerima email. POP3 merupakan protokol client/server dimana email dikirimkan dari server ke email lokal. Digunakan untuk berkomunikasi dengan email server dan mengunduh semua email ke email lokal (seperti Outlook, Thunderbird, Windows Mail, Mac Mail, dan sebagainya), tanpa menyimpan salinannya di server. Biasanya, dalam aplikasi email terdapat pilihan untuk tetap menyimpan salinan email yang diunduh pada server atau tidak.

POP3 adalah protokol komunikasi satu arah, yang artinya data diambil dari server dan dikirimkan ke email lokal di perangkat komputer Anda.

Port POP3 Default

  • Port 110 – Port tanpa dienkripsi
  • Port 995 – Port SSL/TLS, nama lainnya POP3S

Kelebihan Menggunakan POP3

  • Ketika email sudah diunduh melalui aplikasi local mail di komputer, Anda tidak perlu terhubung ke internet apabila Anda ingin membukanya kembali.
  • Kebanyakan tidak ada ukuran limit untuk email yang dikirim dan diterima.
  • Dapat membuka file attachment dengan cepat .
  • Tidak ada ukuran maksimal untuk mailbox, kecuali harddisk komputer Anda penuh.

Kekurangan Menggunakan POP3

  • Jika JavaScript pada email reader diaktifkan, email phishing dengan embed JavaScript dapat terbaca di email.
  • Semua pesan akan disimpan di komputer. Hal ini dapat mengurangi space pada harddisk komputer.
  • Semua file attachment diunduh dan disimpan dalam komputer. Karenanya, potensi komputer terinfeksi virus dari email lebih besar.
  • Folder email terkadang hilang. Jika ini yang terjadi, upaya restore cukup sulit dilakukan.


Posting Komentar untuk "cari tahu apa itu MTA,SMTP, dan POP3 dalam Email"